the Journal

Archive for the ‘MS. Access’ Category

Kenapa Menggunakan MS. Access?

leave a comment »


Pertanyaan tersebut sering ditanyakan ketika aku menawarkan solusi suatu masalah dengan menggunakan Microsoft Access. Seringnya sih aku nanya balik, “kenapa nggak?” hehehhehehe…

Aplikasi yang satu ini memang cenderung disepelekan karena dianggap nggak keren sama sekali. Level gengsinya beda kalau kita bilang bikin aplikasi pake Java atau C atau bahasa lainnya yang rumit. Terkesan kalo kita sudah sangat mendalami dunia programming. Kesan menyepelekan ini gak cuma keluar dari para programmer pemula yang awal belajarnya nyalin dari Google tapi para dosen juga cenderung menyepelekan aplikasi ini. Coba aja jika ada mahasiswa jurusan Sistem Informasi yang ngajuin skripsi dan bilang mau bikin aplikasinya pake MS. Access, pasti skripsi itu bakalan disuruh ganti menggunakan bahasa pemograman yang lain yang lebih canggih.

Jadi langsung aja, alasan aku masih menggunakan MS. Access adalah:

  1. Pada umumnya versi bajakan dari aplikasi ini sudah terpasang di komputer, kita gak perlu lagi install yang aneh-aneh kecuali kita make komponen selain bawaan MS. Access.
  2. Aplikasi ini memudahkan untuk pembuatan diagram database. Tinggal tarik dan hubungkan antara kunci utama (primary key) dan kunci tamu (foreign key). Ini apa sih terjemahan tepatnya untuk dua kunci itu? Masih agak aneh kalo pake Bahasa Indonesia…
  3. Solusi yang ditawarkan oleh MS. Access sudah termasuk lengkap untuk membuat sebuah aplikasi yang komplit. Mengenai keterbatasan data yang bisa ditampung itu dapat diakali dengan menggunakan aplikasi basis data pihak ketiga seperti SQL Server Express atau MySQL. Hubungkan dengan menggunakan ODBC maka kita mendapatkan sebuah tempat penampungan data yang besar. Solusi ini pernah kupakai di kantor sebelumnya (MS. Access 2003 disandingkan dengan SQL Server Express untuk menyimpan data sekitar 100.000 petani, kebun mereka – satu petani bisa punya lebih dari satu kebun, training yang mereka ikuti, dan lainnya. Total waktu itu hampir satu juta baris data yang dikelola).
  4. Kecepatan waktu pengembangan aplikasi. Dengan menggunakan antar muka yang sangat ramah pengguna, kita bisa membuat sebuah form dan laporan dalam waktu singkat.
  5. Untuk online dalam jaringan lokal, gabungan MS. Access dan SQL Server Express merupakan duet maut. Ini pernah digunakan dengan lebih dari 10 komputer terhubung ke database yang sama tanpa ada masalah. Untuk jaringan luar kota dapat menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk menghubungkan sebuah aplikasi dengan database server.
  6. Untuk online internet sekarang bisa menggunakan teknologi Share Point dari Microsoft. Silahkan Google untuk mengetahui lebih lanjut mengenai MS. Access dan Share Point.
  7. Alasan terpenting itu adalah: ini adalah bagian dari keluarga besar Microsoft Office. Jadi dengan adanya hubungan persaudaraan yang sangat erat ini maka akan dimungkinkan saling berbagi antara aplikasi yang dibangun menggunakan MS. Access dengan aplikasi Microsoft Office lainnya seperti MS. Excel.

Nah, itu dulu tujuh alasan kenapa aku masih menggunakan MS. Access.

Written by syahmins

Juli 18, 2013 at 19:31

Ditulis dalam MS. Access

Tagged with , ,

Mengubah Koneksi Database di ADP

leave a comment »


Ada kalanya untuk berbagai kepentingan kita harus mengubah koneksi database ADP (Microsoft Office Access Project) kita dari satu server ke server yang lain.

Cara ini berlaku untuk Microsoft Office Access 2003.

isikan pada kotak pertama nama server database anda dan nama alias SQL Server anda, pilih Use Windows NT Integrated security jika anda ingin login menggunakan nama pengguna dan kata kunci anda di jaringan. Kemudian pilih database yang akan digunakan pada bagian Select the database on the server.

Klik Test Connection untuk melakukan tes koneksi ke database server. Jika telah keluar pemberitahuan sukses menghubungi server maka anda bisa menutup dengan menekan OK. Jika ada pesan error maka teliti ulang nama server dan nama alias SQL Server anda, nama pengguna dan kata kunci serta nama database yang akan anda gunakan.

Written by syahmins

Februari 5, 2013 at 16:43

Kelalaian Primary Key Yang Fatal

leave a comment »


Beberapa kali membuat tabel di SQL Server untuk kemudian dikoneksikan ke ADP (Access Data Page). Di SQL Server, tabel sudah gak ada masalah tapi di ADP, tabel tersebut tidak bisa dimasukkan datanya. Biasanya keluar pemberitahuan: record not updatable ketika membuat form entri data.

Masalah ini ternyata timbul karena ketika membuat tabel kita memberikan status sebagai identity (is identity = Yes) di field ID tapi kita tidak memberikan status primary key pada ID tersebut.

Solusinya? Gampang. Tinggal pasang aja tanda kunci alias jadikan dia sebagai primary key maka masalah tidak dapat memasukkan data tadi selesai.

Written by syahmins

Agustus 8, 2012 at 14:06

Cara Mengatur Ukuran Form di MS. Access 2007

with 5 comments


Pernah jengkel dengan Microsoft Office 2007?

Kalau itu ditanyakan ke aku maka jawabannya adalah sering. Setiap kali membuka Office 2007 maka akan keliatan ribbon menu yang ada dibagian ada dengan segala tombol yang dirasa penting untuk ada di sana.

Beberapa memang sangat membantu, tapi seringkali malah bikin jengkel dengan menu yang ingin kita akses. Kita yakin bahwa menu tersebut tersedia tapi tidak ketauan dia ada di tab yang mana 😦 Untuk mengatasi itu aku nginstalin Open Office dan menjadikan itu sebagai aplikasi perkantoran standar untukku 😀

Tapi persoalan gak selesai hanya dengan itu. Beberapa pekerjaan datang dan minta dibuatkan aplikasi database kecil dengan menggunakan Access 2007. Kepanikan kembali melanda bumi :D. Kalau di Access 2003 sih gak ada masalah, tapi dengan Access 2007 aku masih harus banyak menyesuaikan diri lagi.

Hal pertama yanng bikin jengkel di Access 2007 adalah ukuran form yang selalu satu layar penuh ketika kita menjalankannya. Walaupun ketika Design View sudah dibuat kecil dan menarik tapi ketika dijalankan tetap si form yang dodol itu menjadi satu layar penuh. Akibatnya banyak ruang kosong disebelah kanan dan bawah form.

Untuk mengatasi ini, klik Office menu dari pojok kiri layar kemudian pilih Access Option lalu klik Current Database. Pada Document window option aktifkan pilihan Overlapping Window dan klik Ok. Tutup MS. Access 2007 dan buka kembali.

Voila…form sudah dapat diatur dan gak bandel lagi 😀

Written by syahmins

April 4, 2011 at 11:17

Ditulis dalam MS. Access

Tagged with , ,