the Journal

Cara Mendapatkan Mileage Garuda Secara Gratis

with one comment


Mileage Garuda Indonesia atau biasa disingkat dengan GFF alias Garuda Frequent Flyer adalah salah satu layanan yang diberikan oleh Garuda Indonesia kepada pelanggannya. Layanan ini bisa didapatkan secara gratis dengan cara mendaftar di situs Garuda Miles. Pada tahap awal, kita akan diberikan status GFF Blue. Jika persyaratan jumlah terbang atau poin telah mencukupi maka secara otomatis akan dinaikkan ke Silver kemudian Gold dan terakhir Platinum. Semakin tinggi tingkatan yang diperoleh maka semakin banyak keistimewaan yang didapatkan.

Untuk mendapatkan poin GFF ada tiga cara yaitu terbang baik menggunakan Garuda Indonesia atau maskapai lain yang berafiliasi dengan Sky Team (daftar member bisa dilihat di sini), menggunakan kartu kredit yang bekerja sama dengan Garuda Indonesia (pada saat tulisan ini dibuat hanya ada dua pilihan yaitu Citi Garuda atau BNI Garuda) atau cara terakhir adalah dengan menulis.

Tulisan kali ini akan membahas mengenai pilihan yang ketiga.

Menulis adalah momok mengerikan bagi sebagian orang. Tidak ada ide, tidak bisa menuangkan ide menjadi tulisan, struktur bahasa yang jelek dan segudang alasan lain membuat orang-orang malas menulis. Padahal menulis bisa menjadi salah satu penyaluran stres yang paling baik atau menjadi salah satu cara untuk “menjual” wisata suatu daerah.

Garuda Indonesia bekerjasama dengan Trip Advisor telah memberikan ruang untuk menulis sekaligus mendapatkan poin GFF. Tahun 2016 adalah tahun ketiga mereka bekerja sama. Setiap tahun kebijakan mengenai jumlah poin GFF yang dapat dikumpulkan selalu berubah. Pada tahun 2014 jumlah poin GFF maksimal dalam sebulan sebanyak 600 poin, kemudian pada tahun 2015 mengalami kenaikan signifikan menjadi 2500 poin GFF perbulan dan tahun 2016 ini turun kembali menjadi 1500 poin GFF perbulan. Sebagai gambaran, ketika tulisan ini dibuat, untuk penerbangan Banda Aceh – Medan bisa ditukarkan dengan 5.000 poin GFF sedangkan Banda Aceh – Jakarta bisa ditukarkan dengan 25.000 poin GFF.

Baiklah, hal yang harus dilakukan pertama sekali adalah mendaftarkan diri ke situs Trip Advisor setelah selesai mengisi formulir dan konfirmasi email kemudian klik di sini untuk memasukkan nomor keanggotaan GFF. Pastikan nama dan nomor anggota GFF sudah benar sebelum menyimpan.

Nah sekarang bagian yang menariknya.

Setelah login maka yang harus dilakukan pertama sekali adalah mencari nama kota yang ingin diulas.

tampilan awal

Sebagai contoh, saya mengetikkan “Banda Aceh” di bagian nama kota kemudian pilih nama kota tersebut dari pilihan yang tersedia. Selanjutnya, jika ingin melihat tempat-tempat yang bisa ditulis ulasannya silahkan klik pada “Ikhtisar tentang Banda Aceh”. Menu ini akan menyajikan seluruh tempat wisata, hotel, atau restoran yang ada di Banda Aceh. Cari salah satu objek yang akan ditulis ulasannya.

contoh satu

Perhatikan pada bagian kanan atas yang ditandai dengan lingkaran berwarna biru. Jumlah poin yang ada di bagian tersebut adalah poin GFF yang akan didapatkan ketika kita selesai menulis ulasan. Poin ini akan diakumulasikan pada setiap awal bulan berikutnya lalu dimasukkan secara otomatis ke akun GFF kita.

Ulasan yang diminta tidak harus panjang lebar, minimal hanya 100 karakter. Bahkan titik juga dihitung sebagai satu karakter. Ulasan ini bisa berupa kesan ketika mengunjungi suatu objek seperti mengenai kebersihan, ketersediaan warung, ketersediaan tempat parkir dan lain sebagainya.

Selain poin GFF, kita juga akan mendapatkan poin Trip Advisor dari setiap ulasan yang akan meningkatkan level kita di Trip Advisor. Poin Trip Advisor juga bisa dikumpulkan dengan memberikan foto tentang suatu objek, memberikan penilaian kepada suatu ulasan atau memposting komen di forum Trip Advisor.

Ayo menuliskan keindahan Indonesia di Internet.

Written by syahmins

Februari 23, 2016 pada 11:56

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. wuih mantap ini😀

    Monza Aulia

    Maret 5, 2016 at 14:11


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: