the Journal

10 Aplikasi Wajib di Laptop Pribadi

with one comment


Laptop adalah salah satu alat kerja dan bermain yang paling sering dibawa sekarang ini, kalau mau ngopi atau nongkrong di kampus pasti benda ini akan selalu nempel di punggung😀

Biasanya, begitu mendapatkan laptop baru maka pekerjaan pertama adalah melakukan pemasangan aplikasi berikut untuk bekerja dan bermain… yeaahhh… play hard and work hard.

Daftar berikut ini semoga bisa membantu untuk mencari alternatif aplikasi yang bisa digunakan di laptop pribadi kita.

Anti Virus

Aplikasi pertama yang wajib ada setelah menginstal Windows adalah antivirus. Alternatif gratis terbaik adalah AVG free, Avast free. Dulu aku pengguna setia AVG versi gratis selama sekitar 10 tahun dan tidak mengalami gangguan berarti dengan virus komputer.

Sekarang ini kalau di laptop, aku mempercayakan pengamanan kepada Bitdefender untuk antivirus, personal firewall, aplikasi pencari berkas yang sama (duplicate file), Safe pay untuk pengamanan ketika menggunakan aplikasi internet banking dan juga untuk melakukan fungsi optimalisasi sistem dengan satu kali klik. Satu aplikasi untuk banyak kegunaan. Harganya tidak terlalu mahal dan banyak penjual terpercaya di Kaskus yang bisa menyediakan lisensinya. Tapi apapun jenis dan merek antivirus yang dipilih, tapi jangan melupakan satu hal terpenting: lakukan update atau pembaruan secara berkala. Minimal dua minggu sekali.

Media Player Classic

Walaupun ada banyak pemutar film lain yang katanya lebih mumpuni, tapi aku tak bisa berpaling ke lain hati😀. Tampilannya sederhana dan mampu memutar banyak jenis film yang saat ini beredar, mulai dari mkv sampai ke flv dan 3gp😀

Media Player Classic bisa diunduh di sini.

Browser alias Perambah

Walaupun Windows sudah memiliki aplikasi bawaan yaitu Internet Explorer tapi rasanya kurang afdol kalau tidak menggunakan Chrome atau Firefox. Beberapa yang lain mungkin lebih senang menggunakan Opera atau UC Browser.

Pembuka file zip

Sampai sekarang masih setia dengan 7zip, aplikasi gratisan yang sangat mumpuni untuk menyelesaikan masalah kompresi berkas. Berkas zip, rar, gzip dan tar adalah beberapa jenis yang bisa ditangani olehnya. Lupakan Winzip dan Winrar yang berbayar atau membutuhkan crack. Udah masanya pakai aplikasi gratis tanpa ngecrack.

Pemutar Musik

Sampai sekarang juga masih setia dengan Winamp. Aplikasi pemutar musik jadul yang tergolong ringan dan cepat untuk dijalankan.

Pembaca Dan Pembuat Berkas PDF

Nitro PDF memberikan satu aplikasi berukuran kecil untuk membuka, mengedit atau membuat berkas PDF. All in one dengan ukuran berkas yang harus diunduh hanya 37 MB serta hasil instalasi sebesar 131 MB, sangat kecil jika dibandingkan dengan Adobe Acrobat X yang hasil instalasinya sebesar 1,11 GB.

Aplikasi Chatting

Hanya dua aplikasi percakapan yang dipasang yaitu Pidgin dan Telegram. Pidgin mampu menangani percakapan untuk hampir semua jalur percakapan seperti Facebook, GTalk, Yahoo Messanger, IRC dan masih banyak lagi. Jadi satu aplikasi untuk menangani hampir semua jalur yang kita miliki. Sedangkan telegram bersifat situasional karena ada beberapa grup untuk berdiskusi menggunakan aplikasi ini. Kelebihan telegram adalah mampu mengirim dan menerima hampir semua jenis file berukuran besar, kalau gak salah bisa sampai 1 GB.

Aplikasi Pengolah Gambar

GIMP dan Photoscape adalah dua aplikasi pengolah gambar yang gratis serta sangat bisa dipercaya. GIMP biasanya digunakan sebagai pengganti Adobe Photoshop sedangkan Photoscape digunakan untuk mengedit gambar-gambar secara cepat dengan beberapa template yang menarik.

Aplikasi Pencatat Ringan

Kategori ini hanya ada satu aplikasi yang dipasang yaitu Notepad++. Aplikasi wajib untuk melakukan perbaikan pada berbagai jenis berkas pemrograman serta membuat catatan sebagai pengganti Notepad bawaan Windows. Eh aplikasi ini bisa juga digunakan untuk mengedit berkas sub title film dalam format srt.

Aplikasi Tambahan Untuk Perambah

Adobe Flash Player serta Java Runtime adalah aplikasi pelengkap untuk perambah. Walaupun katanya teknologi Flash dan Java sudah mulai banyak ditinggalkan tapi tetap saja masih banyak web yang memakai teknologi itu.

 

Tidak ada pesan sponsor apapun dari daftar di atas😀 Silahkan memilih dengan bijak dan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Written by syahmins

April 17, 2015 pada 09:07

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Semua yang ada di list atas sudah ada di laptop saya, sukses selalu bro😀

    Airsoft gun murah

    Mei 11, 2015 at 12:15


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: