the Journal

Tugu Adipura – Banda Aceh

leave a comment »


Adipura adalah sebuah penghargaan untuk kota yang berhasil dalam pengelolaan kebersihan dan tata lingkungan. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup sejak tahun 1986. Sejak pertama kali diselenggarakan, kota Banda Aceh pernah mendapatkan piala ini sebagai simbol kebersihan kota. Untuk mengenang hal tersebut, pemerintah kota Banda Aceh membuat sebuah tugu peringatan. Sempat terbengkalai sekian lama membuat wujud tugu ini menjadi kurang jelas. Syukurlah pada beberapa waktu belakangan ini sang tugu telah kembali berbenah. Sebuah taman telah dibuat mengelilingi sang tugu. Di dekatnya juga telah ada sebuah ATM dari sebuah bank nasional.

Lingkungan yang dikelilingi pohon menjadi salah satu tempat pilihan untuk bersantai bagi para pedagang kaki lima. Saat siang hari, pada salah satu sisi taman akan dipenuhi orang-orang yang kepanasan. Mereka menikmati angin sepoi-sepoi yang dapat mengusir hawa panas.

Warga kota sendiri masih jarang memanfaatkan ruang terbuka ini karena tidak dilengkapi dengan fasilitas memadai seperti kamar mandi umum dan tempat bermain anak. Selain itu kenyataan bahwa taman ini terletak sangat dekat dengan kantor Kodim mungkin membuat warga cenderung menjauhi tempat ini. Faktor trauma kepada militer bisa jadi sangat berperan untuk membuat taman ini tidak ramai.

Tugu ini dibuat untuk memperingati keberhasilan mendapatkan piala Adipura pada tahun 1996 dan 1997.

Sayed Husain Al-Haj adalah orang yang berjasa atas keberhasilan Banda Aceh mendapatkan piala Adipura ini. Pada masanya, ia dijuluki sebagai Wagiman alias Walikota Gila Taman. Beberapa lahan kosong yang ada di kota Banda Aceh disulapnya menjadi taman kota. Penghijauan dilaksanakan dengan sangat teratur. Hasilnya bisa dilihat kini kota Banda Aceh menjadi rindang dengan banyak pepohonan dan taman kota.

Tugu adipura ini berposisi di

N 05 33 05.3

E 95 19 10.4

Written by syahmins

Juli 4, 2012 pada 09:10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: