the Journal

SITREP Gempa Sumatera, April 2012

leave a comment »


Sore ini Kawasan Sumatera terutama daerah barat Sumatera dilanda gempa berkekuatan 8.6 (USGS) pada skala richter. Gempa terasa hingga ke Malaysia dan Thailand. Sempat timbul kecemasan akan tsunami seperti pada 26 Desember 2004 tetapi hal itu segera tertepis dengan beberapa pernyataan dari BMKG dan beberapa berita lainnya.

Beberapa pernyataan tersebut menyatakan bahwa jenis gempa sore tadi berbeda dengan jenis gempa yang mengakibatkan tsunami pada tahun 2004 lalu. Perbedaan tersebut adalah jenis gempa ini tidak naik turun sedangkan gempa pada tahun 2004 bersifat naik turun.

Pada laporan situasi (Situation Report – Sitrep) yang dikeluarkan oleh Karina dinyatakan bahwa sementara ini keadaan masih terkendali. Belum dapat diidentifikasi mengenai kerusakan dan kebutuhan logistik serta bantuan lainnya. Sementara itu pemerintah setempat masih bersiaga untuk segala kemungkinan. Untuk selengkapnya silahkan mengunduh di sini. Hal yang sama juga tertuang dalam laporan situasi yang dikeluarkan oleh Humanitarian Forum Indonesia yang dapat diunduh di sini.

Satu hal yang harus diperhatikan ketika gempa besar adalah TIDAK PANIK. Jika kepanikan melanda maka kemungkinan kecelakaan akan menjadi lebih besar. Arahkan keluarga ke tempat aman. Aku ingat salah satu prinsip SAR yang dulu sempat kupelajari di Pramuka yaitu selamatkan diri sendiri terlebih dahulu. Jika telah yakin keadaan kita dan keluarga aman maka ketika kita membantu untuk menyelamatkan yang lain akan terasa lebih nyaman. Tidak ada rasa khawatir terhadap keluarga kita.

Adapun ciri gempa yang dapat mengakibatkan tsunami diantaranya adalah:

  1. Kedalaman gempa: kurang dari 70 km
  2. Pusat gempa: di dasar laut
  3. Besaran gempa: lebih dari 7 SR
  4. Patahan: patahan lempeng naik-turun atau vertikal

Walaupun begitu, berhati-hati adalah hal yang mutlak diperlukan.

Sumber laporan situasi diambil dari milis bencana.

Update:

Press rilis dari TDMRC bisa diunduh di sini.

Written by syahmins

April 11, 2012 pada 21:34

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: