the Journal

Apa yang diperlukan untuk kerja di NGO?

with 5 comments


Postingan ini untuk menjawab pertanyaan beberapa kawan. Daripada mulutku berbusa ngulangin hal yang sama mending dijadikan bahan posting blog ajaūüėÄ

Secara singkat, beberapa hal yang diperlukan untuk mempersiapkan diri agar bisa kerja di NGO terutama NGO asing adalah sebagai berikut:

  1. Penguasaan bahasa asing.
    Penguasaan bahasa asing merupakan hal yang mutlak diperlukan untuk bekerja di NGO asing. Utamanya adalah Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang umum diketahui. Bahasa asing yang baik untuk dikuasai terutama adalah bahasa-bahasa resmi di PBB (Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol).
  2. Memiliki keahlian tertentu.
    Database, IT, GIS, penyusunan proposal, M&E adalah beberapa jenis keahlian yang umum diperlukan. Jika ingin bekerja di NGO yang spesifik bergerak di bidang tertentu maka lebih baik juga mempelajari lingkup kerjaan NGO tersebut secara umum.
  3. Mampu bekerja di lingkungan multi etnik.
    Anda memiliki perasaan yang sensitif dengan beberapa isu seperti misalnya masalah keagamaan? Jika jawabannya adalah iya, maka  urungkan niat anda. Bekerja di NGO berarti anda akan bekerja dengan orang-orang dari berbagai latar belakang suku, agama dan jenis kelamin.Anda tidak dapat memaksa mereka untuk tidak makan dan minum di kantor ketika bulan puasa seperti juga mereka tidak akan memaksa anda untuk ikut merayakan hari besar keagamaan mereka.
  4. Ingin gaji besar tapi kerjaan sedikit
    Jika tujuan anda ingin mendapatkan gaji besar tapi kerja sedikit maka jadilah seorang pemimpi. Bekerja di NGO berarti anda akan bekerja setiap hari dan libur pada saat yang ditentukan. Anda tidak akan ada kesempatan untuk ngopi dengan teman-teman di hari kerja pada jam kerja.
  5. Belajar, belajar dan belajar
    Selalu ada hal baru yang bisa dipelajari dengan banyak orang yang ada disekeliling kita. Jangan sia-siakan lingkungan anda yang berisi orang-orang pintar dari segala penjuru bumi. Mereka adalah orang-orang yang terpilih untuk bekerja di NGO dan biasanya membawa beberapa pengalaman dari tempat kerja mereka sebelumnya.
  6. Mental yang kuat
    Beberapa orang mungkin akan langsung memprotes hasil kerja anda pada saat anda menunjukkannya pada mereka. Anda harus bisa mengambil pelajaran dan memperbaiki kesalahan anda pada kesempatan selanjutnya bukan malah terpuruk sambil menggaruk-garuk lantai dipojokanūüėÄ

Masih  berminat? maka siapkan Curriculum Vitae dan mulailah mengumpulkan daftar teman-teman anda yang telah bekerja di NGO untuk mendapatkan info jika tempat kerja mereka membutuhkan tenaga baru dengan kualifikasi yang anda miliki.

Written by syahmins

Maret 8, 2012 pada 15:35

5 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Satu lagi: sabar, jangan ego. Kalau memiliki harga diri kelewat tinggi akan susah memposisikan diri sebagai kuli dari boss-boss luar negeri.

    Alex©

    April 1, 2012 at 22:33

  2. Saya dari dulu minat ke pengembangan pendidikan untuk komunitas yang masih belum kesentuh ama pendidikan ama teknologi. Kira-kira ada gak info mengenai NGO yang bergerak di situ? Udah mau lulus masih awam banget soal NGO, hehe… makasih sebelumnya

    o89oo842145

    Juli 12, 2013 at 16:21


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: