the Journal

Bersama Mas Pram

with one comment


Bersama Mas Pram adalah sebuah buku yang kubeli waktu Pesta Buku bulan lalu di Banda Aceh. Waktu itu ada 10 buku yang berhasil kudapatkan dengan berdesakan diantara orang-orang yang juga berebut buku-buku lainnya.

Buku ini diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) pada tahun 2008. Basbang memang tapi tetap aja menarik untuk mencari tahu mengenai sepak terjang Pram yang digembar-gemborkan sebagai salah satu tokoh Lekra.

Seperti ringkasan di bagian belakang buku yang mengatakan buku ini menceritakan tentang sosok Pramoedya Ananta Toer dari muda hingga akhir hayat. Tapi ada beberapa kejutan di dalam buku ini seperti cerita bagaimana Pram yang “marah” dengan pelayanan dari rumah sakit ketika bapaknya sakit keras menjelang ajal. Pram muda langsung memboyong sang bapak pulang setelah sebelumnya memerintahkan para adiknya untuk membersihkan rumah dengan karbol dan mensterilkan ruang tidur sang bapak.

Sisi humanis Pram juga terlihat ketika ia memerintahkan salah seorang adik perempuannya untuk ke Jakarta guna mengobati TBC yang diderita sang adik. Walaupun sang adik akhirnya gak tahan dengan berbagai perlakuan “istimewa” dan pulang ke Blora, tapi tetap saja Pram telah berusaha.

Sisi lain yang sangat menyentuh tentu saja tentang perjuangan keluarga Toer yang cerai berai karena para lelakinya ditahan. Cerita tentang kebebasan mereka terenggut hanya karena menyandang nama Toer sebagai nama keluarga dan juga mengenai perjuangan mereka selepas dari tahanan dengan status ET (ex tahanan) yang melekat di diri mereka.

Gaya bahasa yang ringan dan terbagi ke dalam banyak bab membuat kita seakan membaca cerpen. Masing-masing bab memang dapat dibaca secara mandiri tanpa harus runut dari awal sampai akhir.

 

Sumber gambar:

Penerbit KPG

Written by syahmins

Desember 7, 2011 pada 16:15

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. wah belum baca yang ini ,.. ntar cari ah

    sakrilegi

    Desember 8, 2011 at 06:10


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: