the Journal

Cara Aman Berbelanja di Kaskus

with one comment


Berawal dari baca postingan di kaskus regional Aceh dan juga postingan di Lounge yang ngabarin kalau ada kaskuser yang kena tipu karena berbelanja di FJB. Postingannya bisa dibaca di sini, di sini dan di sini.

Sebenarnya peraturan sederhana di dunia perbelanjaan online adalah berbelanja berdasarkan kepercayaan. Gak percaya sama yang jual maka jangan belanja di tempatnya. Sesederhana itulah peraturan yang berlaku tapi tidak tertulis. Nah berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan tertipu ketika berbelanja di FJB Kaskus.

  1. COD – Cash On Delivery. Bahasa awamnya sih bayar di tempat. Penjual dan pembeli bertemu untuk bertransaksi, tanyakan segala kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut dan jangan lupa minta garansi (baik personal atau resmi). Jangan lupa minta cendol🙂.
  2. Selalu minta bertransaksi dengan menggunakan rekening bersama (rekber). Secara sederhana, rekber adalah pihak ketiga tempat kita menitipkan uang selama transaksi kita lakukan di Kaskus. Singkatnya proses menggunakan rekber adalah: pembeli dan penjual setuju untuk melakukan transaksi dan menggunakan rekber sebagai perantara, pembeli mentransfer uang sesuai dengan harga yang disepakati dengan penjual ditambah biaya jasa rekber. Pembeli mengkonfirmasi kepada pihak rekber mengenai jumlah transferan dan thread penjualan. Pihak rekber akan mengkonfirmasi kepada penjual bahwa mereka telah menerima transfer uang untuk pembelian pada thread tersebut. Pihak penjual mengirimkan barang kepada pembeli. Pembeli melakukan konfirmasi kepada rekber ketika menerima barang dan telah memeriksa barang tersebut sesuai dengan transaksi awal. Pihak rekber akan mentransfer uang tersebut kepada penjual.
  3. Cek reputasi penjual. Jika penjual setuju untuk menggunakan rekber maka langkah ini dapat sedikit diabaikan. Tapi jika penjual tidak setuju untuk menggunakan rekber dengan berbagai alasan maka cek reputasi sang penjual. Reputasi adalah balok hijau yang terdapat di sebelah kiri di bagian bawah nama pengguna kaskus.

    Balok hijau di bawah  Posts: 1,771 adalah balok reputasi yang dimiliki oleh si penjual. Semakin banyak balok tersebut berarti si penjual semakin dipercaya oleh pembelinya. Jika anda menemukan balok hijau silahkan lanjutkan ke pengecekan terakhir di langkah ketiga, tetapi jika anda menemukan balok berwarna merah tinggalkan thread tersebut dan cari penjual lain yang lebih terpercaya.
  4. Cek testimonial dari pembeli sebelumnya. Testimonial atau testi adalah postingan dari para pembeli sebelumnya mengenai si penjual.
    Jika banyak komentar positif maka anda dapat melanjutkan transaksi tapi jika tidak ada komentar atau bahkan menemukan satu saja komentar negatif maka sebaiknya anda pergi ke tempat lain.Hal lain yang harus diperhatikan juga adalah pemalsuan testi oleh penjual yang tidak bertanggungjawab. Salah satu cara mengeceknya adalah mencari nama pengguna yang memberikan testi tersebut pada kotak pencarian kemudian pada halaman profil pengguna pada bagian Statistics lihat join date (tanggal bergabung). Cari minimal tiga orang secara acak yang telah memberikan testi kepada si penjual.

    Join Date dari pengguna sebaiknya berumur minimal tiga bulan dari postingan jualan tersebut. Lebih baik lagi jika jumlah postingan si pembeli sebelumnya telah lebih dari 300 postingan.
  5. Jika masih ragu, kirimkan pesan virtual (virtual message)/PM (private message) kepada pembeli tersebut. Tanyakan kepada si pembeli mengenai transaksi dengan si penjual, bagaimana kesan dia kepada si penjual atau pertanyaan lainnya.
Empat langkah pengamanan di atas sepertinya masih manjur untuk diterapkan demi keamanan uang yang akan kita belanjakan. Jangan hanya tergiur dengan harga yang lebih murah dari pasaran normal tetapi anda malah merugi karena tertipu oleh penjual yang tidak bertanggungjawab. 

Selamat berbelanja…

Written by syahmins

Agustus 10, 2011 pada 12:04

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. thanks infonya

    asb

    November 10, 2012 at 00:00


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: