the Journal

RI-002 Seulawah Inong Dari Siapa?

with 2 comments


Barusan baca di KoKi Detik mengenai kepahlawanan Robert (Bobby) Earl Freeberg, seorang Amerika yang menjadi pilot pesawat RI-002. Gak ada keberatan sih dengan artikel mengenai keberanian dia yang mau berdiri di pihak Indonesia pada masa perjuangan dulu.

Cuma satu ganjalan dari tulisan tersebut yaitu mengenai asal-usul pesawat Dakota RI-002 seperti yang dicopas dari tulisan tersebut:

Ada kesimpangsiuran informasi yang hingga kini belum terungkap. Menurut berita, pembelian pesawat RI-002 dibeli dengan mengunakan uang tabungan pribadi Bobby Freeberg. Sebagai catatan, pada masa setelah Perang Pasifik, banyak pesawat bekas pakai (war surplus) yan dijual bebas kepada umum. Pesawat-pesawat war surplus ini bisa dibeli dengan pilot atau tanpa pilotnya. Pihak AURI dikabarkan men-charter pesawat yang dipiloti oleh Bobby untuk menembus blokade udara yang dilakukan oleh militer Belanda.

Walaupun disebutkan adanya kesimpangsiuran informasi yang masih belum terungkap, bagian yang ditebalkan di atas adalah hal yang paling mengganggu bagiku. Banyak catatan sejarah masa lalu yang telah dicetak dalam bentuk buku-buku yang menjelaskan dengan jelas bahwa RI-001 dan RI-002 disumbangkan oleh rakyat Aceh sebagai salah satu hasil kunjungan kerja dari Presiden Soekarno.

Dikisahkan dalam banyak catatan ketika itu Presiden Soekarno “merajuk” meminta dukungan dari rakyat Aceh untuk perjuangan Republik, spontan ketika itu terkumpul sejumlah uang yang cukup untuk membeli sebuah pesawat yang kemudian diberi nama RI-001 Seulawah. Pada saat itu juga Gasida (Gabungan Saudagar Aceh) juga menjanjikan sebuah pesawat lagi yang akan diberikan kemudian kepada pemerintah pusat di Jakarta. Soekarno tentu saja menyambut hal itu dengan sangat gembira.

Salah satu sumber online mengenai hal ini dapat dibaca di sini.

Written by syahmins

Juni 18, 2011 pada 13:50

Ditulis dalam Jas Merah, Protes

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Kisah kehidupan dan karier Bob Freeberg di Indonesia pada periode 1947-1948 masih bisa dilacak dalam beberapa berkas arsip yang sampai sekarang masih tersimpan rapi di ANRI (Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi Arsip Nasional Republik Indonesia). Paling tidak ada dua nomor berkas arsip yang berasal dari dua khasanah atau koleksi, yang berisi informasi tentang kasus Bob Freeberg, yaitu: dalam Arsip Djogja Documenten dan Arsip Kabinet Presiden R.I 1950-1959. Informasi tentang segala hal yang terkait dengan Bob Freeberg dan aktivitasnya di Indonesia bisa dibaca dalam berkas arsip bernomor 333. Judul berkasnya adalah: “Peristiwa RI-002: Untuk P.J.M. Wk. Presiden-Menteri Pertahanan” (Incident RI-002-Bundel Hatta). Isi berkasnya adalah:
    1. Copy “Certificate of Registration of Aircraft” yang dikeluarkan oleh Directorateof Civil Aviation Republic of Indonesia tanggal 12 April 1948;
    2. Copy “LICENSE” untuk pesawat RI-002, yang dikeluarkan oleh Directorate ofCivil Aviation Republic of Indonesia tanggal 12 April 1948.
    3. Copy “Certificate of Airworthiness-Licence of Aircraft No. 031” kepada Bobby E. Freeberg pemilik pesawat RI-002, yang dikeluarkan oleh Directorate of Civil Aviation, Republic of Indonesia tanggal 16 April 1948 (date of expiration: May1st, 1949).
    Dari berkas arsip yang ada di koleksi Djogja Documenten kita bisa memperoleh informasi yang lengkap tentang Bob Freeberg dan pesawatnya, Dakota RI-002. Seperti telah disebutkan di atas, tidak hanya arsip kertas yang ada dalam berkas itu, namun ada beberapa foto (foto Bob dan awak pesawatnya pada saat penerbangan terakhirnya, dan pesawat RI-002), dan peta Sumatra bagian selatan yang diduga menjadi jalur penerbangan Bob.

    SUMBER: ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia)
    http://www.anri.go.id/4dm1n/data/artikel_data/3e0388cc7359e92ab088f1fcf0c53e10.pdf

    Buzz

    April 4, 2012 at 15:38

  2. makasih update-nya.

    linknya sangat menarik.

    syahmins

    April 4, 2012 at 16:16


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: