the Journal

Makanya Install Linux…

leave a comment »


Pernah dengar anjuran seperti judul tersebut?

Biasanya itu terucap dari salah satu maniak pinguin kalau ditanyakan mengenai virus. Trus kenapa tiba-tiba mosting tentang pinguin? Sebenarnya aku kenal ama si pinguin ini udah dari taon 1999 bahkan pada taon 2000 aku udah teregister sebagai Linux User secara resmi. Waktu itu yang udah pernah terinstal adalah Redhat 7 dan 8. Tapi karena kesibukan yang mengalahkan anggota de pe er, semua jurus perpinguinan terpaksa terkubur dan disimpan di luar jendela. Tapi entah kenapa udah sebulan ini aku dirasuki setan pinguin lagi. CD ubuntu 10.10 original yang dipesan langsung dari ship it ubuntu juga langsung dipegang-pegang dan mulai nyobain versi demonya.

Setelah ragu selama dua minggu akhirnya aku mutusin instal Linux tapi masih gandengan dengan Windows 7. Lho kok? Sayang Windowsnya original bawaan laptop (versi OEM) jadi sayang kalo diapus, trus aku juga masih memerlukan banyak aplikasi dari Windows yang belum ada versi Linuxnya.

Eh tapi Linux jama sekarang udah gak kayak jaman dulu lagi ya…Dari cara installnya aja udah beda, sekarang ubuntu tinggal klik mouse aja semuanya beres, gak perlu make terminal aka. Command Prompt. Trus di HP Pavilion DV3 punyaku semua perangkat terdeteksi dengan baik, hanya mouse yang menggunakan koneksi bluetooth yang tidak terkoneksi dan kartu grafis dari ATI. Tapi kartu grafis dari Intel terdeteksi dengan baik.

Penggunaan batrai boros, mungkin dikarenakan kipas yang terus menerus bekerja karena kondisi perangkat keras yang terlalu panas. Selain itu mouse yang terlalu jinak juga menyusahkan karena si tikus terkadang bisa berjalan sendiri secara acak.

Mungkin postingan ini terlalu menghujat, tapi sebenarnya aku cuma perlu penyesuaian kembali dengan si pinguin. Semoga cepat akrab balik…

Written by syahmins

April 12, 2011 pada 18:15

Ditulis dalam Teknologi Informasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: