the Journal

Cara Mengatur Ukuran Form di MS. Access 2007

with 5 comments


Pernah jengkel dengan Microsoft Office 2007?

Kalau itu ditanyakan ke aku maka jawabannya adalah sering. Setiap kali membuka Office 2007 maka akan keliatan ribbon menu yang ada dibagian ada dengan segala tombol yang dirasa penting untuk ada di sana.

Beberapa memang sangat membantu, tapi seringkali malah bikin jengkel dengan menu yang ingin kita akses. Kita yakin bahwa menu tersebut tersedia tapi tidak ketauan dia ada di tab yang mana😦 Untuk mengatasi itu aku nginstalin Open Office dan menjadikan itu sebagai aplikasi perkantoran standar untukku😀

Tapi persoalan gak selesai hanya dengan itu. Beberapa pekerjaan datang dan minta dibuatkan aplikasi database kecil dengan menggunakan Access 2007. Kepanikan kembali melanda bumi😀. Kalau di Access 2003 sih gak ada masalah, tapi dengan Access 2007 aku masih harus banyak menyesuaikan diri lagi.

Hal pertama yanng bikin jengkel di Access 2007 adalah ukuran form yang selalu satu layar penuh ketika kita menjalankannya. Walaupun ketika Design View sudah dibuat kecil dan menarik tapi ketika dijalankan tetap si form yang dodol itu menjadi satu layar penuh. Akibatnya banyak ruang kosong disebelah kanan dan bawah form.

Untuk mengatasi ini, klik Office menu dari pojok kiri layar kemudian pilih Access Option lalu klik Current Database. Pada Document window option aktifkan pilihan Overlapping Window dan klik Ok. Tutup MS. Access 2007 dan buka kembali.

Voila…form sudah dapat diatur dan gak bandel lagi😀

Written by syahmins

April 4, 2011 pada 11:17

Ditulis dalam MS. Access

Tagged with , ,

5 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. makasih infonya berguna banget…..

    Achlan Bimanurachman

    November 13, 2011 at 08:16

  2. Terimakasih buanyaaaakkk yaaa… akhirnya ada solusinya…

    Sinta

    Januari 29, 2014 at 11:26

  3. itu untuk formnya, bagaimana dengan aplikasi access-nya?? tetap muncul satu layar penuh dan menjadi background form yang kita buat, bagaimana solusinya mas??

    bambang

    Juli 18, 2015 at 10:58

    • Untuk form utamanya ya?

      Kalau mau ditampilkan form utama pakai perintah form!namaform.show pada event yang diinginkan.

      syahmins

      Juli 18, 2015 at 11:55

  4. terimakasih ilmunya mas

    Deny Suhendra

    April 5, 2016 at 23:14


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: